Dikutip Dari Toki Learning
Screenshot Freepascal Compiler |
read & readln
Perintah ini berfungsi untuk membaca masukan dari keyboard dan menyimpannya dalam suatu variabel. Bedanya adalah, setelah membaca, readln akan menyebabkan pembacaan berpindah ke baris berikutnya, sedangkan read tidak.Misalnya, untuk membaca sebuah bilangan bulat dalam suatu baris dan menyimpannya ke dalam variabel bil, gunakan perintah
readln(bil);Untuk membaca 2 atau lebih masukan dalam satu baris yang dipisahkan oleh spasi, tambahkan variabel penampungnya ke dalam perintah read/readln, dipisahkan oleh koma. Misalnya, untuk membaca tiga buah bilangan bulat dalam satu baris ke dalam tiga buah variabel bil1, bil2, dan bil3, gunakan perintah
readln(bil1, bil2, bil3);Perintah tersebut sama dengan
read(bil1); read(bil2); readln(bil3);
write & writeln
Perintah ini berfungsi untuk mencetak suatu nilai ke layar monitor. Bedanya adalah, setelah mencetak, writeln akan menyebabkan pencetakan berpindah ke baris berikutnya, sedangkan write tidak.Misalnya, untuk mencetak isi dari variabel bil dalam sebuah baris ke layar, gunakan perintah
writeln(bil);Sama seperti read/readln, untuk mencetak 2 atau lebih nilai pada sebuah baris, tambahkan nilai-nilainya ke dalam perintah tersebut, dipisahkan oleh koma. Misalnya, untuk mencetak isi tiga buah variabel bil1, bil2, dan bil3, dipisahkan oleh spasi, gunakan perintah
writeln(bil1, ' ', bil2, ' ', bil3);Nilai yang berada di dalam perintah write/writeln tidak harus berupa variabel; bisa pula berupa konstanta. Misalnya, Anda dapat memberikan perintah
writeln('Selamat datang, ', nama, '!');Konstanta berupa string pada Pascal diapit dengan tanda petik satu.
Tipe-Tipe Data Utama pada Free Pascal
Nama | Jenis | Jangkauan | Ukuran |
---|---|---|---|
integer | bilangan bulat | -215 sampai 215-1 | 2 byte |
longint | bilangan bulat | -231 sampai 231-1 | 4 byte |
int64 | bilangan bulat | -263 sampai 263-1 | 8 byte |
real | bilangan nyata | -2,2 x 10308 sampai 1,7 x 10308 | 8 byte |
boolean | logika Boolean | {false, true} | 1 byte |
char | karakter | 1 karakter ASCII | 1 byte |
string | rangkaian karakter | 0-255 karakter ASCII | n byte |
Memberi Nilai Langsung pada Variabel
Sejauh ini kita telah mempelajari cara memberikan nilai pada variabel lewat masukan yang diberikan pengguna. Kita juga bisa langsung memberi nilai pada variabel, dengan operator ':='. Nilai yang berada di sebelah kanan operator ini akan dimasukkan ke dalam variabel yang berada di sebelah kiri operator ini. Misalnya,hasil := 5;Sekarang variabel hasil akan berisi nilai 5.
0 komentar:
Post a Comment
Hey, It's my pleasure to know what was in your mind after reading the article above. So, you can comment or give critics to my writing on this comment box below